Blogger news

►ARTIKEL PILIHAN LAINNYA◄


Wednesday, 9 September 2015

Boredom Project: Turn Your Old Jeans Into Lovely Shorts + Gothic Hairclip


Akhirnya posting lagi hahaha
Yah, karena udah masuk semester 7 dan banyak waktu luang (yang seharusnya diisi untuk memikirkan skripsi) akhirnya gue memutuskan untuk posting lagi aja karena blog ini udah mulai banyak sarang laba-labanya.
Setelah sudah berbulan-bulan jadi mahasiswa (sok) sibuk soo here I am. Kali ini dikhususkan buat kalian yang mau mengubah jeans lama kalian ke sesuatu yang wearable lagi. Wearable disini lebih ke arah look sih, bukan kegunaan :P Soalnya mungkin beberapa dari kalian punya setidaknya satu buah jeans yang udah nggak terpakai (lebih tepatnya terlupakan) dikarenakan oleh kondisinya yang udah nggak oke lagi atau kegedean. Kalo punya gue sih karena sedikit kegedean jadi nggak nyaman dipakai. Sooo.. gue memutuskan untuk dibuat jadi celana pendek aja karena sangat berguna buat liburan (baru pertemuan pertama kuliah, pikiran udah liburan aja).Oh ya, gue juga mau share buat jepit dengan sentuhan gothic yang sederhana banget buatnya. Langsung aja deh.



Denim Shorts

What you need:

  • Jeans yang akan kita rombak
  • Gunting
  • Pensil atau klip
  • Tweezer (yang ini gue sempet lupa bahasa indonya apa, ternyata pinset. lol)
  • Lem kain (gue pake lem uhu)
  • Renda
  • Selotip kertas



Gue milih lem uhu soalnya kuat dan anti air, gue sarankan untuk beli yang ukuran besar. Nggak kaya gue yang udah mau abis begini, bahaya.

Ada dua jenis renda yang gue gunakan

How To:

 Tandai jeans yang akan kamu potong, tentukan seberapa panjang yang kamu inginkan. Kalau pake pensil kurang nyata garisnya, pakai klip.


 Potong bagian depan dan belakang. Gue menyarankan untuk melebihkan sedikit potongan dari yang kalian inginkan, kalau-kalau nanti terjadi kesalahan.

 Done

Lipat, dan gunakan potongan sebelumnya sebagai guide untuk memotong bagian sebelahnya

Jangan khawatir kalau kurang rata garis potongannya karena nanti ada triknya. Asalkan panjang kedua belah potongan sama, kalian aman. Selanjutnya, gue memotong bagian depan jeans lebih pendek 2 cm dibandingkan yang belakang. Kalau ini optional, tapi gue lebih suka dipendekkan bagian depannya dan membiarkan yang belakang lebih panjang sedikit karena bagian belakang biasanya akan tertarik oleh butt kalian.

Now let's destroy this thing beautifully. Gunakan selotip berbahan kertas untuk jadi guide kalian dalam melubangi bagian jeans tersebut. 

Rectangle is a boring shape indeed, jadinya gue gunting salah satu bagian pinggirnya secara miring

Lanjutkan melubangi jeans kalian dengan menggunakan selotip sebagai guide

Done

Selanjutnya gunting renda untuk menutupi lubang tersebut, dianjurkan untuk melubangi jeans tidak lebih besar daripada panjang atau lebar renda ya.

Lem renda tersebut dibalik jeans dan pastikan renda tersebut merekat kuat (nah, pastikan lem kalian ada banyak ya)

Do the same thing to the next holes

Gunakan pinset untuk menarik bagian bawah jeans yang sudah terpotong hingga kainnya keluar. That's why tadi nggak usah panik kalau potongannya kurang rapi, karena efek destroyed disini akan menyamarkannya


Lanjutkan hingga selesai.

Lakukan hal yang sama pada bagian sebelahnya

Siapkan renda dan mulai memberi lem. Mulai dari bagian bawah yang sisi dalam ya, soalnya it will be the point the lace meets. Lem yang rekat dan jangan memberinya terlalu sedikit, nanti bisa terlepas. Lem secara perlahan, lebih baik untuk memberikan lem setiap 3-6cm. Jangan langsung memberikan lem terlalu panjang, takutnya terjadi kesalahan. 

Lanjut boss. Jangan lupa untuk bagian yang sebelah


Selesai!

 
Aduh sorry bos, berantakan banget kamarnya.

Ini ada pilihan opsional buat kalian untuk menambahkan kesan destroyed, baru kepikiran setelah took photos.

Tentukan seberapa lebar yang ingin kamu berikan efek destroyed

Sisi kiri dan kanan harus sama panjang ya! Kemudian digunting seperti ini

Gunakan pinset, cabut satu persatu fabric berwarna putih yang ada di bagian yang sudah kita gunting. Jadi diusahakan kedua sisi sama rata disini, jangan sampai salah satu sisi terlalu panjang.

Done


Notes: gue memberikan efek destroyed dengan menggunakan kain yang berwarna biru. Jeans terdiri dari kain berwarna biru dan kain berwarna putih yang bisa stretch. Posisi kain biru adalah vertikal dan kain putih diagonal, jadi jika kalian lebih suka memunculkan kain putih dalam efek destroyed ini, jangan gunting di bagian kiri-kanan seperti apa yang tadi dilakukan, tetapi guntinglah bagian atas dan bawah dengan kelebaran yang sama. Lalu, lanjutkan dengan mencabut kain yang berwarna biru instead. Alasan gue memilih kain biru untuk efek destroyed ini adalah karena kain biru nggak stretch, jadi ketika dicuci berkelanjutan nggak bakal separah kain putih melarnya. Karena gue pernah memilih kain putih once, dan lama-kelamaan kain putihnya semakin melar dan melar dan akhirnya malah keliatan terlalu bolong hahaha. Kalau kalian ingin menjadikan jeans kalian looks more rebel, you can try it.



Gothic Hairclip


What you need:


  • Kain renda berwarna hitam
  • Bunga kertas (yang bisa kalian beli di perlengkapan scrapbook)
  • Gunting
  • Lem
  • Jepitan polos


Ukur renda sepanjang jepitan

Selipkan bunga kertas ke lubang-lubang yang ada di renda

Tampak belakang, pastikan kalian menyelipkan bagian kawat berkali-kali

Potong renda sepanjang kawat yang terlihat untuk ditutupi

Lem, dan akan terlihat seperti ini. Lanjutkan dengan merekatkan renda ini pada jepitan kalian. Sedikit demi sedikit biar lem-nya nggak kering duluan.

Nanti akan jadi seperti ini. Selesai deh.

Ba dum tss...

Cukup sekian boredom project kali ini, semoga berguna, Makasih, makasih.


Boredom project aka 'project daripada bengong' or 'project untuk berpura lupa terhadap tugas akhir' was created to prevent her from being a lazy internet pig.

2 comments:

drop it comments,fellas!

:)

Related Posts with Thumbnails
}