Blogger news

►ARTIKEL PILIHAN LAINNYA◄


Sunday, 12 January 2014

Belitung: An Amazingly Stunning Island


Hello! Ini adalah post pertama gue pada tahun 2014. Dengan harapan semoga tahun 2014 ini menjadi tahun yang amazing, gue akan mengawali post pertama di blog ini dengan sesuatu yang amazing pula. Surga tersembunyi Indonesia: Belitung. Sebelum gue mengetahui pantai-pantai dan pulau-pulau kecil indah di sekitar Pulau Belitung, jujur menurut gue P. Belitung hanyalah sebuah pulau kecil yang bagus di lepas pantai timur Sumatera yang pernah menjadi lokasi shooting film Laskar Pelangi. Dan gue merasa sangat sangat terkejut bahwa Pulau Belitung ini ternyata lebih menyerupai paradise in disguise setelah iseng-iseng googling tentang paket tour. Dan post ini juga khusus berisi informasi mengenai beberapa pantai dan pulau kecil indah di Belitung plus foto-fotonya dari belitungisland.com yang dijamin akan buat kalian pengen cepet-cepet liburan ke pulau ini!  (Warning: BW killer)

Belitung dimana?


Mari mulai dengan pertanyaan paling dasar, Pulau Belitung dimana? Silahkan lihat peta di atas
Pulau Belitung ini bisa dicapai sekitar 45 menit dari Jakarta dengan pesawat. 


What's so special about Belitung?




Pasirnya yang masih begitu putih, terlebih karena orang yang berlibur disini tidak sebanyak Bali, tentu saja pantai-pantainya masih sangat terjaga dan terlihat alami.
Di Belitung juga terdapat pulau-pulau kecil yang indah dengan batu-batu granit cantik yang melengkapi eksotismenya. Selain view-nya yang luar biasa indah, tiket pesawat ke Belitung juga tidak mahal dan masih dibawah 800.000 rupiah, begitu pula hotel-hotelnya. Hotel serupa yang berada di Jakarta seharga dua kali lipat dibanding hotel di Belitung karena standar harga hotel bintang tiga hanyalah 450.000 rupiah!
Yuk, mulai melihat pantai-pantai yang ada di Belitung.


Pantai

Tanjung Tinggi







"Tanjung Tinggi, pantai tercantik dan paling terkenal di Belitung, lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Tanjung tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung. Pantai ini berpasir putih, dan unik karena terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah. Anda bisa naik, berjalan dan melompat diantara granit untuk menikmati pemandangan eksklusif dari setiap sudut anda berdiri. Bentuk dari batu-batu besar itu juga unik, sebagian membentuk gua, yang dapat digunakan berteduh selama hujan."

Tanjung Kelayang







"Tanjung Kelayang adalah salah satu pantai terindah di Belitung, pusat rekreasi pantai yang secara periodik di singgahi oleh ratusan perahu yacht dari manca negara dalam event Sail Indonesia. Tanjung Kelayang sudah dikenal oleh masyarakat setempat sebagai tempat rekreasi sejak dahulu. Pemandangan paling menarik adalah pulau kecil yang terbentuk dari batu-batu granit besar yang terletak kira-kira 300 meter dari ujung pantai. "

Tanjung Binga





"Tanjung Binga adalah sebuah desa nelayan terletak di pantai Utara Belitung dengan kecantikan alam bahari pantai dan pulau-pulau kecil di sekitarnya dipadukan dengan kehidupan nelayan tradisional yang eksotis. Ini adalah desa dengan sebagian besar penduduk berprofesi sebagai nelayan. Jika anda menyukai ikan bakar, datanglah ke Tanjung Binga di pagi hari kira-kira jam 07.00. Ini adalah waktu dimana para nelayan kembali dari melaut. Anda bisa memilih ikan yang anda suka untuk kemudian dibakar jika anda sudah tiba di penginapan nanti. Mengapa anda harus melakukannynya ? Percayalah, rasa ikannya benar-benar nikmat dan segar karena ikan yang baru saja ditangkap dari dasar laut rasanya berbeda dengan ikan yang sudah disimpan berjam-jam di dalam lemari es."

Burung Mandi





"Pantai Burung Mandi. Ini adalah pantai berpasir putih seperti umumnya pantai-pantai Belitung, tetapi uniknya anda tidak akan menemukan satu pun batu granit di pantai ini kecuali hanya pasir putih sepanjang pantai dan ratusan pohon pinus laut yang menjadi pembatas antara pantai dan daratan. Di latar belakang anda bisa menyaksikan gunung Burung Mandi. Ini membuat pantai ini berbeda, karena di sini adalah satu-satunya pantai Belitung yang memiliki gunung sebagai latar belakang." 

Pantai Punai





"Pantai Punai adalah nama sebuah pantai di sisi Tenggara pulau Belitung, tepatnya berada di desa Tanjung Kelumpang. Pantai Punai mungkin akan menjadi tujuan perjalanan yang menarik untuk anda, khususnya jika anda orang Indonesia yang menyukai perjalanan berbau petualangan. Pantai di sini berpasir putih dan di beberapa bagian dihiasi oleh batu-batu granit kecil. Tempat ini memang tidak seindah Tanjung Tinggi, tetapi suasana di sini benar-benar sepi, kecuali di akhir pekan, anda mungkin bisa menemui beberapa pengunjung. Di depan pantai ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Punai. Jika air laut sedang surut, anda bisa berjalan kaki ke Pulau Punai ini, yang dulunya terkenal dengan banyak burung punai."


Pulau

Pulau Lengkuas





"Lengkuas adalah pulau kecil, terletak di arah Utara desa Tanjung Binga. Luas totalnya kurang dari satu hektar. Di seputar pulau ada banyak pulau batu-batu granit yang bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki melintasi laut yang dangkal dengan kedalaman kurang dari 1.2m. Struktur batu-batu granitnya juga unik dan berbeda dengan tempat-tempat lain dengan kombinasi pantai yang berpasir putih dan pepohonan. Air lautnya benar-benar jernih, anda bisa dengan jelas melihat ke dasar laut termasuk ikan-ikan yang berenang didalamnya. Ini adalah tempat yang menyenangkan untuk bermain di air laut atau snorkling."

Pulau Pasir




"Pulau Pasir sebenarnya bukanlah sebuah pulau. Tempat ini adalah sebuah gosong yaitu tumpukan daratan yang hanya terdiri atas pasir. Yang menarik dari tempat ini adalah tumpukan pasir yang membentuk pulau ini hanya akan muncul pada saat air surut. Jika anda berkunjung ke pulau Pasir, ada satu hal yang jangan sampai terlewatkan. Jangan segan untuk menyeburkan diri ke laut di sisi Utara pulau pasir. Airnya jernih dan dangkal dan di bawahnya hanya ada pasir putih halus dalam sebaran yang landai dan luas. Lihatlah ke dasar laut, anda akan menemukan binatang spesial penghuni pulau pasir. Mereka adalah bintang laut merah besar."

Pulau Burung





"Pulau Burong (pulau Burung), terletak di pantai Utara Belitung di lepas pantai desa nelayan Tanjung Binga. Luas pulau kurang lebih 2 hektar, dikelilingi pasir putih dan bebatuan granit yang tersebar di pantai dan laut di sekitar pulau. Sebuah pulau yang layak untuk dijadikan tempat berlama-lama menikmati tenangnya suasana pantai yang jauh dari kebisingan."

Pulau Batu Berlayar




"Pulau Batu Berlayar (Sailing Rock) adalah sebuah formasi batu-batu granit raksasa dimana terdapat 2 batu besar yang berdiri vertikal sehingga berbentuk ibarat layar dengan pulau pasir putih sebagai kapal nya. Formasi itulah yang membuat penduduk Belitung menamakan tempat ini Batu Berlayar. Kadangkala ada banyak Bulu Babi (Sea Urchin) sejenis binatang laut berduri seperti landak dengan duri-duri yang tajam setajam jarum. Pastikan anda menggunakan sepatu atau sandal jika berjalan di atas air khususnya di pantai sisi Timur dari pulau ini. Bagaimanapun juga melakukan aktivitas snorkeling adalah aktivitas yang menyenangkan di sekitar pulau Batu Berlayar ini khususnya di pantai sebelah Barat dimana terdapat banyak terumbu karang dengan ikan yang banyak."


Pulau Lutong





"Pulau Lutong adalah nama dua pulau yang menyatu pada saat air laut surut dan terpisah menjadi 2 pulau pada saat laut pasang. Keunikan selanjutnya dari Pulau Lutong adalah semenanjung pasir putih yang berada di sisi Selatan pulau utama.  Di titik awal semenajung anda akan bertemu dengan halangan berupa bebatuan granit. Jangan berhenti di halangan batu-batu ini, naik perlahan-lahan melewati bebatuan ini atau jalan melingkar melalui laut jika sedang surut.Salah satu batu granitnya adalah batu berbentuk kepala Lutong (lutung)."

Surga Batu Fotografi





"Kami (tim belitungisland.com) menamakan sendiri tempat ini "Surga Batu Fotografi" karena tempat ini memang seperti sebuah surga batu. Lihatlah bebatuan yang ada di foto, batu-batu tersebut berbeda dengan kebanyakan batu granit yang ada di Belitung, meskipun sama-sama berada di daerah pantai. Ini adalah surga karena tempat ini masih benar-benar "belum terjamah" oleh industri pariwisata, masyarakat lokal, maupun pengunjung dari luar Belitung.  "


Lainnya...

Danau Kaolin






"Kaolin (clay) adalah salah satu kekayaan tambang dari Belitung. Penambangan ini memberi banyak sekali lapangan pekerjaan untuk masyarakat Belitung. Dari segi sudut pandang fotografi, tempat ini memiliki nilai berbeda. Kombinasi bebatuan kaolin putih dan air danau yang berwarna biru merupakan pemandangan tidak biasa dan menarik untuk dijadikan sasaran pemotretan. "


Nah, itu dia pantai-pantai, pulau-pulau dan danau yang ada di Belitung. Luar biasa keren kan?  Gue nggak memasukkan semua pantai dan pulau, silahkan cek di website belitungisland yaa karena sumbangan informasi pada post kali ini adalah dari website tersebut :)
Semoga post kali ini berguna bagi kalian semua dan membuat kalian lebih mencintai negeri kita ini. Kalau ada yang pernah ke Belitung atau mengetahui informasi menarik tentang Belitung, silahkan share disini ya.

Sampai jumpa di post selanjutnya!

3 comments:

  1. wah ini sih bukan bw killer, tapi bikin ngiler! pantai sama lautnya bersih banget. kapan ya gue bisa kesana........

    ReplyDelete
    Replies
    1. main aja gan, murah loh ternyata tadi gue cek paket tour rata2 dibawah 2 juta per-orang buat 3hari 2malam di hotel berbintang.

      Delete

drop it comments,fellas!

:)

Related Posts with Thumbnails
}