Blogger news

►ARTIKEL PILIHAN LAINNYA◄


Saturday, 2 February 2013

Aduh, Mata Gue Kedutan! Kenapa, ya?


"Kulit mata berkedut sebelah kanan : Bermakna anda akan menangis karena akan mendapatkan kejadian yang menyakitkan.

Kedutan pada kelopak mata kanan atas : Akan mendapat keuntungan. 
Kedutan pada alis mata kiri : Akan bertemu dengan seseorang. "

  Sumber: primbon.com dan terselubung.blogspot.com

Kalau ada salah satu bagian dari tubuh kita berkedut (terutama mata), langsung deh terbayang mitos-mitos dan langsung cari tahu arti dari kedutan itu sendiri. Padahal, kedutan bisa dijelaskan secara medis. Barusan setelah gue berjam-jam di depan laptop, mata gue kedutan di bagian mata kanan bawah, langsung cari tahu artinya (mitos itu seru juga). Hasil googling ada yang baik, ada yang buruk. Giliran dapet yang bagus, seneng. Giliran artinya jelek: "halah, mitos!". Kayaknya emang udah saatnya kita beralih ke sesuatu yang lebih empiris (dalam beberapa hal :p )...Yuk, cari tahu!






Menurut seorang pakar mata, Burt Dubow, OD, ada beberapa penyebab mata kita bisa kedutan. Apa aja?

1) Stress 
Ketika kita stress, tubuh kita bakal bereaksi dengan cara yang berbeda. Kedutan mata tersebut bisa menjadi salah satu penyebab stress, apalagi kalau ke-stress-an itu ada kaitannya sama penglihatan, contohnya karena ketegangan mata. Kurangi aja ke-stress-an lo itu karena hal inilah yang dapat menyebabkan kedutan lo berhenti.

2)Mata yang tegang
Ke-stress-an dalam hal penglihatan dapat terjadi jika, contohnya, lo butuh kacamata atau penggantian kacamata baru. Penggunaan komputer, tablet, dan smartphones juga penyebab kedutan mata yang paling sering.

3)Kafein dan alkohol
Banyak ahli percaya bahwa kafein dan alkohol adalah penyebab kedutan. Salah satu cara untuk menguranginya ya kurangi konsumsi kafein dan alkohol;)

4)Mata yang kering
Lebih dari setengah populasi orang tua mengalami kondisi mata yang kering yang disebabkan oleh faktor usia. Mata kering juga dapat disebabkan oleh terlalu lama penggunaan komputer.
Coba istirahatkan mata untuk beberapa menit ketika terlalu lama di depan layar(#notetoself).

5)Nutrisi yang tidak seimbang
Beberapa laporan menyatakan bahwa kekurangan nutrisi tertentu dapat menyebabkan kedutan. Contohnya magnesium.

6)Alergi
Kalo lo punya eye allergies terkadang mata sering terasa gatal, berair, ataupun terjadi pembengkakan mata. Ketika lo menggosok mata lo, hal itu dapat menyebabkan mata melepaskan histamin ke jaringan kelopak mata dan air mata. Beberapa bukti menunjukkan histamin-lah yang menyebabkan mata berkedut. 

7) Kelelahan
Kalau kalian kekuarangan tidur atau punya kebiasaan tidur terlalu malam dan harus bangun pagi, bisa jadi inilah penyebab mata kedutan. Atau ketika kalian dikejar deadline tugas yang mengharuskan begadang semalaman jangan kaget kalau tiba-tiba kedutan terjadi. 

1 comment:

  1. my Mom believes such as those things... kedutan punya makna, gitu katanya ...:|

    ReplyDelete

drop it comments,fellas!

:)

Related Posts with Thumbnails
}