Blogger news

►ARTIKEL PILIHAN LAINNYA◄


Friday, 18 December 2009

Forgotten



"Persetan semua ajarannya
Jadikan nyata hancurkan dosa

Hiduplah dengan rakusnya dunia


Habiskan semua sampah logika"

(Tuhan Telah Mati-Forgotten)
Forgotten termasuk sebagai band metal Indonesia yang menganut Satanic.
Dengar saja lagunya yang berjudul Perang Demi Setan atau Tuhan Telah Mati
Band yang berasal dari Homeless Crew - Bandung dan terbentuk pada tahun 1994 ini memang sangat kontroversial.
oke, gue bakal ulas di postingan kali ini. Enjoy it!

album Tuhan Telah Mati liris pada tahun 2001 dan kontroversial.
Apa kata mereka tentang album ini?

Salah satu lagu kontroversial dari Band asal Bandung, FORGOTTEN di tahun 2001 kemarin, Yap....Tuhan telah mati.....perspektif realitas yang gw rasa tepat untuk menggambarkan kondisi sosial masyarakat sekarang.

Dimana orang-orang sudah menemukan berhala-berhala baru untuk disembah, tuhan-tuhan baru dalam kehidupan nyata sekarang. Rumah ibadah pindah ke mall ataupun hotel. Berhala kehormatan dan eksistensi yang bernama mode atau tren.

Korban doktrin khotbah-khotbah indah tentang manfaat suatu produk yang dengan sabdanya mengajak masyarakat untuk beribadah ke mall, pasar, dan menjadi umat yang konsumtif.

Bujuk rayu 'kapitalisme' ini dapat mengantarkan masyarakat masuk ke dalam pintu gerbang eksistensi lewat aksi yang bernama membeli. Yap....membeli, membeli apa aja yang ditawarkan tanpa harus berpikir benda yang dibeli itu bermanfaat atau tidak.

Pola pikir masyarakat yang sebenarnya rasional tapi tak berdaya melawan gempuran sabda dan khotbah suci maupun berjuta eksemplar kitab suci baru yang bernama majalah, brosur, dengan isi yang vulgar, porno dan indah yang dirancang sedemikian efektif untuk mempengaruhi, bukan cuma pandangan hidup tapi juga pilihan hidup seseorang, sehingga sanggup memukau dan mampu membius logika dan nalar kita.


Tahun 1994 FORGOTTEN terbentuk dengan formasi :

Ferly - gitar
Toteng - gitar
Kardun - bass
Addy Gembel - vokal
Kudung - drum

Bulan Agustus 2000 album kedua “OBSESI MATI” dirilis.
Pada album inilah akhirnya Kudung pemain drum mengundurkan diri dan untuk sementara posisinya di gantikan oleh Andris dramer dari DISINFECTED.

Bulan Juli 2001 FORGOTTEN masuk studio lagi. Bertempat di Bintang 41 studio Bandung, empat buah lagu berlirik Indonesia di garap.
Dengan titel “TUHAN TELAH MATI” bulan Agustus 2001 mini album tersebut dirilis di bawah perusahaan indie lokal ROCK RECORD.
Mei 2002 Kardun pemain bass mengundurkan diri dan untuk sementara FORGOTTEN masih memakai pemain bass additional, Dikky dari POSTMORTEM.

Bulan Maret 2003 FORGOTTEN merilis album ‘TIGA ANGKA ENAM dibawah label ROTTREVORE RECORDS. Pada masa inilah akhirnya Andris (drum) mengundurkan diri dan posisinya di gantikan sementara oleh pemain drum MOTOR DEATH.

Pengaruh terkuat musik dan sound FORGOTTEN adalah musik-musik heavy metal era tahun 80-an dan 90-an.
Seperti Deep Purple, Iron Maiden, Black Sabbath, Dream Theatre, Yngwee Malmsteen.
Yang paling dominan adalah pengaruh band thrash metal dan Deathmetal era 90-an seperti Slayer, Kreator, Testament, Pantera, Death, Soltice, Obituary, Malevolent Creation.

Lirik FORGOTTEN banyak bicara tentang realitas. Kasar, jorok, vulgar.
Pemilihan diksi kalimat yang di tampilkan adalah kata yang cenderung berimplementasi pada eksplotatif-seporadis.sastra sarkastik.
Nuansa sisi gelap manusia selalu di tonjolkan dan mendominasi setting background lagu dengan mayoritas tema berkisar tentang depresi, nihilisme, schizophrenic, putus asa, politik sosial, kematian, kehancuran budaya, psikoanalisis, dan kekerasan.

Pengaruh lirik dari berbagai sumber.
Paling besar berasal dari buku-buku yang di baca. Buku sastra, filsafat, budaya,politik maupun buku teks.
Yang "kanan" maupun "kiri". Buku Paulo Freire, Nietzche, Che Guevara, Ayu Utami, Enny Arrow, Pramudya Ananta Toer, kitab Injil, Al-Quran, Sigmund Freud, Karen Armstrong, Noam Chomsky, Albert Camus, Play Boy, CrimeThink, Karl Marx, Emma Goldman, Kahlil Gibran, buku terbitan CrimethInc, Agus Noor, Rendra, lirik Iwan Fals. Pengaruh dari film terutama karya dari Stephen King, Garin Nugroho, Steven Spielberg, Walt Disneys, Vivid Entertainment, dan semua wacana yang menawarkan subjek pertanyaan tuhan, surga, neraka, pahala, dosa, setan, dunia, akhirat. Segala bentuk wacana yang dianggap mapan oleh publik dan di gugat kembali oleh FORGOTTEN.


apokalip-

Inilah band yang mungkin menjadi fenomenal diblantika musik metal indonesia dengan banyak pro dan kontra ttg mereka, death metal itu indah koq apabila kita memandangnya dari sudut pandang dan pola pikir yang positif dan maju. Forgotten bermusik untuk kita dan untuk yang menyayanginya, lirik-liriknya dialbum ini mempunyai makna yang besar dan berarti mendalam. segi musik mereka sudah tidak diragukan lagi deh bos musik yang agresif, teknikal, dan brutal serta lirik yang kontroversi itu adalah ciri dari band begundal asal bandung ini. apakah kalian siap dengan album yang bisa membakar adrenalin kita?



Bagi lo yang belum memiliki album Tiga Angka Enam, Silahkan download..



Tiga Angka Enam (2008)


1. Tiga Angka Enam 03:38
2. Aku Jatuh Cinta 03:13
3. Future Syndrome 02:44
4. Hidup Adalah Kutukan 03:30
5. Kegelapan Itu Bernyawa 03:30
6. Perang Demi Setan 03:37


5 comments:

  1. qt smua mnsia i2 tdk ad xg SEMPURNA jd kdang klh orng xg brbwt i2 kdng tdk sesuai dgn keingnan qt.....jd qt sbg mnsia hrs bsh memklm st sm lain..bcusse stap orng xg brbwt di luar kesadrnx... :

    ReplyDelete
  2. thanks udah ngebahas forgotten
    gua suka blog lo

    ReplyDelete
  3. okkeh gua jadi tau magnanya

    ReplyDelete

drop it comments,fellas!

:)

Related Posts with Thumbnails
}