Blogger news

►ARTIKEL PILIHAN LAINNYA◄


Tuesday, 1 December 2009

TIPS MENCONTEK

Tips mencontek!
mwahahaha
yah, meskipun besok pengawasnya ada 2, iseng-iseng ga apa-apa lah..
lagipula kalo ada kesempatan. kenapa ngga? (posisi gue bener-bener siap buat lo pada lempar batu)
Yang gue heran, banyak banget result dari mbah google.
17.700 hasil!
Yang bikin mencengangkan, ketika gue klik paling atas result yang ditampilkan, benar-benar tips yang amatlah lihai, licik dan
keren!



ini dia tips-tips yang gue kutip dari website ini. buseett... judulnya aja udah TIPS MENCONTEK YANG BAIK DAN BENAR.
HAHAHAHA.. baik dan benar. ternyata, mencontek pun ada cara-cara yg baik dan benarnya juga meskipun adalah hal yg salah.. haduh-haduh. silahkan lihat .hahaha



Ok, sebelum kita ulas mengenai cara-cara mencontek yang baik dan benar, alangkah baiknya kalo kita telaah dulu jenis-jenis mencontek. Menurut jenisnya, tipe mencontek itu ada 3:

A. Contek diam-diam
Dalam kasus ini, pelaku pencontek cenderung mencontek kerjaan temennya yang pinter. Tapi sering juga karena kepepet, temen yang bodoh pun tetep dicontekin. Dalam contek tipe, korban yang diconteki (biasanya) tidak sadar telah dicontek…
B. Kerja sama
Contek jenis cenderung lebih menyenangkan. Karena dilakukan oleh 2 kepala (atau lebih), ujian jadi (terasa) lebih ringan…
C. Solo career
Contek jenis ini biasanya lebih menjanjikan, tapi kalo resiko kalo ketauan lebih bahaya, karena si pelaku contek bakal bunya barang bukti mencontek…hahaha!
Nah, sekarang mari kita ulas tips-tips mencontek yang baik dan benar….
1. Behave. Be calm. Be confident
Kalo kamu mau mencontek, usahakan gesture tubuh kamu jangan terlalu mencolok. Karena kalo kamu-nya udah salah tingkah duluan, misal: keringet dingin, dijamin si pengawas ujian bakal curiga.
2. Hindari eye-contact dengan pengawas ujian
Saya kasih tau ya, peserta ujian yang sering terlibat eye-contact dengan pengawas cenderung langsung dinobatkan sebagai calon pencontek. Jadinya sebisa mungkin hindari eye-contact. Cara yang paling baik adalah pura-pura ngeliat jam dinding di depan ruangan, sambil sesekali melirik si pengawas ujian. Sebisa mungkin gesture-nya se-natural mungkin.Terus, kalo kamu terlibat eye-contact dengan sang pengawas, kamu ga usah panik. Cara yang paling ampuh adalah langsung berpura-pura mikir, bisa dengan sambil bergumam & sok-sok mikirin teorema/dalil dari mata kuliah yang bersangkutan….hahaha!
3. Hindari posisi duduk miring
Biasanya ini terjadi kalo kamu mau mencontek temen kamu yang duduknya di belakang kamu. Posisi duduk miring emang memudahkan manuver mencontek ke belakang, tapi sayangnya posisi seperti ini sangat mencurigakan. Jadi lebih baik dihindari.
4. Jangan bawa alat tulis komplit
Kalo perlu, kamu mending ga usah bawa pulpen. Logikanya begini, semakin banyak barang yang kamu ngga bawa, berarti semakin banyak juga kesempatan kamu minjem barang ke temen, berarti semakin banyak juga peluang untuk mencontek temen yang kita pinjem barangnya….hahahaha! Saat pinjem barang, usahakan mata ga usah melihat barang yang kita pinjem, tapi fokus pada kertas jawaban target yang akan dicontek.
5. Jangan pernah buat contekan di kartu ujian
Sumpah, ini cara yang paling dongo’ banget! Saya suka mau teriak kalo nemuin kebetan mahasiswa di kartu ujiannya….! Agh!
6. Buat kebetan di kertas kecil
Jangan pernah serakah dalam membuat kebetan! Kalo memang sifat ujiannya close book, ya buat kebetannya di kertas kecil aja. Jangan buat kebetan di kertas A4!
7. Mencontek saat di awal
Kerjakanlah soal yang paling susah dulu! Ini wajib! Karena kalo ujiannya baru dimulai, cenderung pengawas ujian masih ngga fokus, jadinya chance untuk mencontek juga lebih besar…. Coba bandingin dengan momen-momen akhir ujian. Biasanya mahasiswa udah keburu panik kalo waktu ujiannya tiggal dikit. Jadinya ngga bisa mencontek dengan pikiran jernih….hahahaha!
8. Ke toilet
Ini adalah senjata pamungkas dalam urusan contek-mencontek (khususnya kalo selama ujian, peserta diperbolehkan untuk ke toilet). Sebelum pergi ke toilet, alangkah baiknya kamu hapalin dulu soal-soal apa aja yang ngga bisa kamu jawab, baru deh ntar di dalam toilet, kamu bebas membaca kertas kebetan kamu sepuasnya! Haahahaha!
Hmm, untuk saat ini, begitu dulu tips mencontek dari saya…Selamat mencontek Ujian!

Hahaha, ampun deh
meskipun suatu hal yang nyimpang. Membacanya bikin gue ketawa-ketawa sendiri sambil berfikir "boleh... boleh juga"
Gue emang ga terlalu sering nyontek, tapi kalo lagi terpaksa, ya mau gimana lagi. Haha.
Pelajaran-pelajaran yang jarang gue nyontek adalah bahasa inggris, bahasa indonesia, geografi, sejarah, IT, dan pelajaran-pelajaran non-eksak lainnya. nilai gue lumayan memuaskan, namun untuk eksak. saya menyerah.
Gue jadi inget pas ujian bahasa jepang, gue bener-bener ga ngafalin huruf hiragana tapi soalnya pake huruf hiragana semua. Untungnya temen gue ada yang memfotocopy semua huruf-huruf itu dan ukurannya diperkecil. So, gue taroh aja deh tuh di bawah papan jalan.
Tapi.. TETEP AJA SUSAH LIATNYA, PENGAWASNYA MACAN SIH.
2 temen gue yang sempet ngeliat tuh contekan akhirnya ketauan. Untungnya gue ngga. hehehe
Bagaimana dengan kalian?
Sering mencontekkah?
tak apalah kalau masih dalam batas sewajarnya.
Jujur, gue lebih baik belajar deh meskipun susah bener.
Rasanya kalo udah kerja keras buat belajar , Gue pun sering kesel kalo temen gue minta jawabaaaan mulu. Pertanyaan yg gampang aja masihhh tetep nanya. Ckckckck

Ya ampun udah jam segini. Besok gue harus siap-siap.
Hahaha, belajar dulu ah meskipun dikit-dikit.
Contoh pelajar santai banget deh nih, belajar kejar semalem doang. Hahahaha
Mudah-mudahan soalnya gampang-gampang.
dadah..

3 comments:

  1. hahahaha.. boLeh juga tuh,... ternyata banyak ya yang menyetujui daLam urusan contek mencontek....ckckckck....
    btw pertamax nih gue gan

    ReplyDelete
  2. hihhi pinter

    ReplyDelete

drop it comments,fellas!

:)

Related Posts with Thumbnails
}